WABAH ULAT BULU

Belakangan ini sedang ramai dibicarakan orang dan media tentang fenomena serangan ulat bulu. Wabah ulat bulu menyerang ini warga tujuh desa di Probolinggo, Jawa Timur. Warga terpaksa membersihkan pekarangan rumahnya hampir dua jam setiap setiap pagi dan sore karena serangan jutaan ulat bulu.

Sudah seminggu ini warga desa Sumber Ulu, Leces, Kedawung, Pondok Hulu, Tigasan, Malasan, dan Kerpangan diresahkan oleh serangan ribuan ulat bulu yang terjatuh dari pohon. Mereka terpaksa membersihkan pekarangan rumah mereka setiap hari karena ulat bulu tersebut telah merusak tanaman mereka, dan bahkan telah memaksa masuk ke pekarangan rumah dan bagian dalam rumah warga.

Fenomena unik sekaligus membuat merinding ini, setahu saya adalah natur saja, di kalangan ilmuwan dikenal sebagai jenis baru Migrasi Hama. Konon pertama kali terjadi di Europa, kemudian terjadi di Canada beberapa tahun yang lalu, lalu di New England. Kupu-kupu yang bertelurkan jenis ulat ini adalah operophthor brumata.Ulat itu memiliki predator alamiah, seperti lebah, tawon dan sejenisnya. Dengan teknik tertentu, pengendalian wabah ulat mungkin saja bisa effektif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: